Nusantara

Wednesday, May 8, 2013

Speaking Japanese :)



Ini pidato singkat aku yang pertama kali dalam bahasa Jepang. Ehh, sebenarnya ga’ bisa disebut pidato,sih..karena isinya terasa sangat “curhat”, Bisa dibilang, ini cuma latihan berbicara bahasa Jepang di depan umum sebagai tim hore-hore (alias ngeramein acara doang :D) haha..:D Selain itu ada beberapa kata yang tidak ditulis dengan kanji (cz aku ga’ tau tulisannya:P)

みなさん、こんにちは、私はの名まえはリダです。インドネシアから着ました。私はアズハル大学の学生です。今日はエジプトのせいかつと日本語のべんきょうをみなさんにおはなししたいとおもいます。
私はエジプトに四年ぐいます。三年前にアズハル大学にはいりました。今、私タハりールにすんでいます。エジプトにはじめて私は多くの問題をもっています。たとえばマクシとトメヤなどのエジプトりょうりが好きではありませんでした。しかしエジプトの飲みものはおいしかったですから、私はすぐに好きになりました。エジプトはふゆがとてもさむいです。インドネシアはあつい国ですから、ちょっとたいへんです。エジプトで雨を少し見ます、一年に二回です。エジプトで雨がふりますから私はうれしいです。私はエジプトのアラビア語が少しわかります、エジプト人ははやくはなしますから。
今、エジプトにすんでいます、うれしいです。毎日大学へ行きます、ちょっとつかれますがたのしいです。今、私はエジプトりょうりが好きです。とくにマクシです、とてもおいしいです。エジプトにきれいでゆめいなところがたくさんあります。
それで、私のゆめは日本へ行くことです。私は日本のものがぜんぶん好きです。日本のマンガと日本のえいがと日本のふくと日本語が好きです。今、日本語をべんきょうしています、私はレベルニにいます。九ヶ月べんきょうしました。いろいろなことがたくさんわかります。友達といつしょに日本語をベンきょうしてはなします。とてもたのしいです。私にいろいろなことを教えて本当にありがとうございました。この九か月間とてもたのしかったです。私はうれしかったです。先生と友達は今でも私のげんどりょくです。この九か月間、本当にありがとうございました。終わりです。みなさん、ありがとうございまsぎた。

Taraaaaa ! That’s my first cuap-cuap in Japanese, and here’s the translation, cekidot :D !!
* walaupun ga penting banget :D -

Saudara-saudara sekalian, selamat siang. Nama saya Rida, berasal dari Indonesia. Saya adalah mahasiswa di Universitas Al-Azhar. Disini saya ingin menceritakan tentang kehidupan di Mesir dan belajar bahasa Jepang kepada saudara-saudara sekalian.
Saya sudah tinggal di Mesir sekitar 4 tahun.Tiga tahun yang lalu saya masuk ke Universitas Al-Azhar. Dan sekarang saya tinggal di kawasan Tahrir. Saya mengalami banyak kesulitan disaat-saat pertama tinggal di Mesir. Contohnya, saya tidak menyukai makanan Mesir seperti Makhsi dan Tomeyah. Tetapi minuman mesir cukup enak, saya langsung suka. Saaat musim dingin, Mesir sangat dingin, sedangkan Indonesia adalah Negara yang panas, karenanya saya merasa agak kesulitan. Di Mesir, hujan sangat jarang turun, setahun cuma dua kali. Ketika hujan turun di Mesir,saya sangat senang. Saya juga kurang mengerti bahasa Arab Mesir, karena orang Mesir berbicara dengan cepat.
Sekarang, saya senang tinggal di Mesir. Setiap hari pergi ke kuliah, walaupun melelahkan tetapi juga menyenangkan. Sekarang saya juga sudah suka makanan Mesir, apalagi Makhsi yang sangat enak. Di Mesir juga banyak tempat-tempat yang sangat indah.
Kemudian..mimpi saya yang lain adalah pergi ke Jepang. Saya sangat menyukai segala sesuatu tentang Jepang. Seperti manga, film Jepang, pakaian Jepang dan juga bahasa Jepang. Sekarang saya sedang belajar bahasa Jepang dan berada di level 2. Sudah 9 bulan saya belajar bahasa Jepang, banyak kata-kata baru yang saya mengerti. Bersama dengan teman, kami belajar dan juga berbincang-bincang, sangat menyenangkan. Saya sangat berterima kasih atas pelajaran-pelajan baru yang telah diajarkan kepada saya. Waktu 9 bulan itu sangat menyenangkan, dan saya bahagia. Guru-guru dan teman-teman sampai kapanpun akan selalu berharga bagi saya. Untuk 9 bulan itu, saya benar-benar berterima kasih. Cukup sekian dan terima kasih untuk saudara-saudara semuanya.

No comments:

Post a Comment